Sabtu, 03 Mei 2008

Cita - Cita

Ass.wr.wb,

Teman saya (mbak Tri) menulis tentang cita-cita di blognya (http://www.she-nawangtri.blogspot.com) membuatku jadi teringat tentang cita-citaku.
Dulu sewaktu masih SD, klo ditanya cita-citanya apa, aku menjawab menjadi Insinyur Pertanian dengan penuh semangat :-). Alasannya sederhana aja, karena waktu masih kecil itu seneng banget klo lihat sawah, tanaman. Ceritanya, dulu waktu bapak masih bekerja. Kantornya terletak di Menanggal Surabaya, kebetulan jalan menuju kantor masih banyak sawah. Kadang-kadang kita diajak mampir ke sawah itu sama bapak, karena di rumah ndak ada sawah makanya seneng banget klo diajak ke sana.


Pada saat semakin besar atau bertambah umurku, aku mulai memikirkan lagi apakah jadi mewujudkan cita-cita tersebut atau tidak. Sewaktu SMU, aku ditanya oleh Ibu, "Kamu pingin meneruskan kuliah ke mana, masih pingin di pertanian?". Aku menjawab, "Iya nich masih pingin", lalu ibuku bertanya lagi,"Iya bagus juga, cuman berarti kamu kuliahnya ndak di surabaya ?". Karena perguruan tinggi negeri dengan jurusan pertanian setahuku di jawa timur ini ada di Universitas Brawijaya - Malang, klo mo lebih jauh lagi di IPB - Bogor...maunya :-). Lalu ibu menyarankan untuk aku memikirkan kembali, karena dengan kuliah di luar kota tentu saja menambah biaya. Karena mesti kost, biaya sehari-hari sedangkan waktu itu bapakku sudah mendekati pensiun. Aku hitung-hitung seandainya aku lancar bisa langsung masuk UMPTN pada tahun itu maka sekitar semester 3 bapakku mulai masuk pensiun.

Mulai ragu-ragu untuk mempertahankan cita-cita tersebut. Lalu aku mulai mencari-cari lagi, bidang studi apa yang bisa aku ambil. Kali ini tidak seidealis ketika masih kecil karena mempertimbangkan berbagai hal. Tante dan omku kebetulan lulusan ITS - Surabaya dengan bidang yang berbeda-beda, mulai neh mereka memperkenalkan jurusan masing - masing supaya bisa diikuti ponakannya ini...he...he...:-)

Akhirnya memutuskan juga untuk mencoba ke-3 jurusan, yaitu : Teknik Kimia (ITS-Surabaya), Statistika (ITS-Surabaya), Ekonomi Pembangunan (UNAIR-Surabaya). Ketiganya ada di surabaya, dan alhamdulillah bisa kuliah di Statistika - ITS, dimana om dan tante belum ada neh yang kuliah di jurusan ini jadi ceritanya menambah list keilmuan di keluarga neh ...he...he...

Setelah itu umur mulai nambah, ketemu banyak orang, mendapat pelajaran dari berbagai macam yang aku temui. Cita-cita jadi bertambah banyak, malah tidak bisa didetail satu persatu...terkesannya maruk gitu :-)

Suatu ketika aku mengikuti outbond, kita diminta mengisikan cita-cita. Akhirnya untuk memudahkan, aku menulis ingin berhasil dunia & akhirat. Menurutku lebih global dan terserah orang mau menafsirkan atau mengartikan seperti apa :-). Sebagian kecil dari cita-citaku saat ini adalah ingin mempunyai usaha sendiri selain mempunyai keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah. Pingin jadi penulis, ha..ha...walaupun masih belum produktif tapi pingin banget bisa menerbitkan sebuah buku. Kenapa ingin menerbitkan sebuah buku, karena menurutku segala sesuatu yang kita alami atau temui itu begitu berharga untuk dilewatkan atau dibiarkan saja. Menulis merupakan salah satu wadah untuk berbagi, ya siapa tahu bisa menjadi masukan atau hikmah bagi diri kita sendiri atau sebuah pengingat ...syukur alhamdulillah klo bisa manfaat untuk orang lain. Sedangkan cita-cita yang lain adalah ingin memiliki tempat olahraga, alasannya sederhana aja karena diriku senang olahraga. Kemudian ingin punya restaurant atau tempat makan sehat, alasannya juga sederhana aja karena makan adalah salah satu hobiku (ha..ha...my husband know this part, also my best friend). Kemudian pingin punya Taman Kanak-Kanak klo bisa yang gratis, alasannya sederhana aja karena aku sangat senang sekali dengan anak-anak. Dan miris juga ketika menemui anak-anak yang masih sangat kecil harus ada di jalanan tanpa memperhatikan jam. Pingin punya tempat handycraft, ini nich yang tak disangka-sangka soalnya aku suka juga dengan kesenian....Terus apa lagi ya, banyak deh klo ditulis semua bisa ndak muat...ha...ha...

Untuk sekarang yang bisa dilakukan, dilakukan saja terlebih dahulu walaupun masih di langit dan belum terwujud...InsyaAllah bisa terlaksana someday ... I don't know just do the best :-)

Cita - cita kamu apa ? :-)

Wassalam,






1 komentar:

Y.S. Aji Soedarsono mengatakan...

Asww.
salam hangat

senang ada yang cerita ttg cita-cita dalam blognya. Karena, masih banyak remaja yang lalai dan belum memikirkan cita-citanya, padahal ini penting bagi Indonesia di masa datang.

Mari kita berbagi cerita ttg cita-cita.

silakan kunjungi blog saya:

www.dreamsmarter.blogspot.com

trims
wass
aji